Perbedaan strategi belajar dan strategi mengajar

Strategi belajar (pembelajaran) menurut Dick dan Carey (2005:7) adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.

Menurut Kemp (1995) Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Menurut Gerlach dan Ely (1990) Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Menurut Suparman (1997:157) Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Menurut Hamzah B. Uno (2008:45) Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Jadi, strategi belajar merupakan cara yang ditempuh oleh pendidik dari berbagai komponen pendukung serta pelengkap untuk menunjang suatu pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar. Artinya, usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran (tujuan, bahan, metode dan alat serta evaluasi ) agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini Pengertian mengajar menurut Sardiman (1990:47) pada hakekatnya ialah usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan berlangsungnya proses belajar. Menurut Nasution (1987) Mengajar juga dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh guru untuk mentransfer IPTEKS kepada peserta didik. Jadi, strategi mengajar merupakan langkah atau cara yang ditempuh seorang pendidik untuk memnggiring peserta didik serta menciptakan iklim atau kondidsi lingkungan yang mendukung, dalam kaitannya dengan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

No comments:

Post a Comment