Strategi belajar
(pembelajaran) menurut Dick
dan Carey (2005:7) adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk
aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan
prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
Menurut Kemp (1995) Stategi pembelajaran adalah suatu
kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Menurut Gerlach dan Ely
(1990) Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk
menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Menurut
Suparman (1997:157) Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan
kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan
bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan. Menurut Hamzah B. Uno (2008:45) Strategi
pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
Jadi, strategi belajar merupakan cara yang ditempuh oleh pendidik dari berbagai
komponen pendukung serta pelengkap untuk menunjang suatu pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
Strategi
mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar. Artinya,
usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran (tujuan, bahan,
metode dan alat serta evaluasi ) agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai
tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini Pengertian
mengajar menurut Sardiman (1990:47) pada hakekatnya ialah usaha untuk
menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan
berlangsungnya proses belajar. Menurut Nasution (1987) Mengajar juga dapat
diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh guru untuk mentransfer IPTEKS
kepada peserta didik. Jadi, strategi mengajar merupakan langkah atau cara yang
ditempuh seorang pendidik untuk memnggiring peserta didik serta menciptakan
iklim atau kondidsi lingkungan yang mendukung, dalam kaitannya dengan mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
No comments:
Post a Comment