Implementasi teori
Behaviorisme dalam proses belajar mengajar adalah pendidik menjadi sentral atau
pusat dari sumber pengetahuan, serta guru dalam hal ini memegang kendali penuh
terhadap suatu pembelajaran. Tidak jarang peserta didik belum memahami suatu
materi pembelajaran, pendidik melanjutkan materi selanjutnya. Hal ini
disebabkan karena peserta didik takut untuk menanyakan suatu materi yang belum
dipahaminya, sehingga berefek pada ketidak fahaman materi selanjutnya. Jadi,
implementasi dari teori ini antara lain
1.
guru menjelaskan suatu materi kepada peserta
didik,
2.
guru
memberikan hukuman atau penghargaan terhadap peserta didik,
3.
guru memebrikan tugas terhadap peserta
didik.
4.
Guru melakukan evaluasi seperti ulanagan
kepada paserta didik.
Implementasi teori Kognitivisme,
anatara lain
1. Guru merancang suatu motode pembelajaran
untuk mengarahkan peserta didik mencapai pengetahuan
2.
Guru mengelola serta mengorganisir serta mengevaluasi
peserta didik
Implementasi teori Behaviorisme, antara lain
1. Setiap guru akan pernah mengalami bahwa
suatu materi telah dibahas dengan jelas-jelasnya namun masih ada sebagian siswa
yang belum mengerti ataupun tidak mengerti materi yang diajarkan sama sekali.
2. Tugas setiap guru dalam memfasilitasi
siswanya, sehingga pengetahuan materi yang dibangun atau dikonstruksi para
siswa sendirisan bukan ditanamkan oleh guru
3. Untuk mengajar dengan baik, guru harus
memahami model-model mental yang digunakan para siswa untuk mengenal dunia
mereka dan penalaran yang dikembangkandan yang dibuat para sisiwa untuk
mendukung model-model itu.
4.
Siswa perlu mengkonstruksi pemahaman mereka
sendiri untuk masing-masing konsep materi atau guru menciptakan situasi bagi
siswa yang membantu perkembangan mereka membuat konstruksi-konstruksi mental
yang diperlukan.
5. Kurikulum dirancang sedemikian rupa sehingga
terjadisituasi yang memungkinkan pengetahuan dan keterampilan dapat
dikonstruksi oleh peserta didik.
6. Latihan memecahkan masalah seringkali
dilakukan melalui belajar kelompok dengan menganalisis masalah dalam kehidupan
sehari-hari.
7. Peserta didik diharapkan selalu aktif dan
dapat menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya.
No comments:
Post a Comment